Developed by JoomVision.com

Berita Terpopuler

PDAM Kudus Siapkan Pembayaran Rekening Online

Pada awal Mei 2012, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus siap memberlakukan sistem pembayaran tagihan rekening bagi pelanggannya secara online. Kebijakan itu dilakukan guna memudahkan dan...

Kebocoran Air PDAM Kudus Capai 27,3 persen

  KUDUS, Sejak tiba bulan terakhir tingkat kebocoran atau dikenal sebagai non-revenue water (NRW) di PDAM Kudus mencapai 27,3 persen atau setara dengan 177,4 meter kubik. Kondisi tersebut tidak dapat...

Antisipasi Kemarau, PDAM Kudus Bangun Sumur

KUDUS, Menjelang musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus menyiapkan sumur produksi baru. Sarana yang menurut rencana mulai dioperasikan pekan ini, berada di sekitar Terminal Induk...

Polling

Menurut Anda, bagaimana pelayanan PDAM Kudus ?




 

Pengunjung Online

Ada Pengunjung 35 online

Statistik

Hari Ini :4
Bulan Ini :746
Tahun Ini :2575
Total Pengunjung :26389

Antisipasi Kemarau, PDAM Kudus Bangun Sumur

PDFPrintE-mail

KUDUS, Menjelang musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus menyiapkan sumur produksi baru. Sarana yang menurut rencana mulai dioperasikan pekan ini, berada di sekitar Terminal Induk Jati. Penambahan sumur produksi tersebut merupakan antisipasi datangnya musim kemarau di wilayah kerjanya.

Kepala Bidang Hubungan Layanan Pelanggan Ayatullah Humaini menyatakan, sumur tersebut merupakan sumber air baku yang ke-37. Kapasitas produksinya mencapai 12 liter per detik. Adapun sarana yang ada sebelumnya, rata-rata hanya mampu memasok 10 liter per detik. "Biaya secara keseluruhan mencapai Rp 700 juta," katanya, Kamis (24/5).

Ditambahkannya, pada musim kemarau salah satu wilayah yang diyakini berpotensi mengalami kesulitan air bersih yakni di Kecamatan Undaan. Pihaknya sebenarnya sudah mengantisipasi dengan menyiapkan jaringan baru. Hingga saat ini, persiapan sarana dan prasarana tersebut masih belum sepenuhnya tuntas. Selama pembangunan jaringan belum selesai, pasokan air bersih diupayakan dari sumber lainnya. Skenario seperti itu sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. "Di tempat tersebut terdapat 4.800 sambungan rumah tangga," ujarnya.

Dengan jumlah pelanggan sebanyak itu, pasokan air bersih yang harus didistribusikan mencapai 43 liter per detik. Selama ini, kawasan di sebelah selatan Kota Keretek itu dipasok beberapa sumur, diantaranya dari sumber Sempalan dan Musium.

Bila ditambah stok dari sumber air Terminal, diyakini kebutuhan tersebut akan dapat terpenuhi dengan baik. Sebagai gambaran, sumur produksi yang mampu memproduksi air sebesar 1 liter per detik dapat digunakan untuk memasok 80 kepala keluarga. "Bahkan dapat digunakan untuk menambah jaringan baru," ungkapnya.

Di luar Kecamatan Undaan, potensi terjadi peningkatan kebutuhan air bersih pelanggan diyakini tetap ada. Hanya saja, Ayatullah menilai jumlahnya tidak sebesar yang ada di tempat itu.

Hot News

PROGRAM HIBAH AIR MINUM TH 2016

Kabar Gembira Pasang PAM Murah Hanya Rp. 550.000.., selanjutnya..

Galeri Foto

Pawai Adipura
Pawai Adipura
Undian Hadiah MM10
Undian Hadiah MM10

Artikel & Pengumuman

Berapa banyak air yang harus kita minum dalam sehari..?

  Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh dapat mudah terserang penyakit. Maka, jangan lupa untuk...

Tips menghemat air PAM

  Ada 10 tips menghemat penggunaan air PAM, yaitu : Waspadai agar instalasi pipa air setelah...
You are here: Home Berita Berita Terbaru Antisipasi Kemarau, PDAM Kudus Bangun Sumur
Green Back to Top